Senin, 01 Desember 2008

Jangan-jangan Kisanak Klepto?

Pernahkah Kisanak atau Nyisanak tanpa sadar memasukkan barang milik teman ke dalam tas sendiri? Kemudian, ketika sadar, Kisanak baru bingung, ini barang milik siapa? Kemudian Kisanak baru ingat itu adalah barang teman Kisanak. Nah, apakah Kisanak temasuk Klepto?

Kleptomania merupakan salah satu macam gangguan kontrol diri. Ganggun tersebut biasanya ditunjukkan dengan perilaku mencuri benda-benda yang umumnya tidak penting. Seorang klepto yang benar-benar klepto, bukan kleptopet (klepto karena kepepet) sebenarnya tidak menaruh perhatian pada barang yang dicurinya. Bahkan, barang tersebut justru sering dibuang atau diberikan kepada orang lain.

Seorang klepto dalam mencuri disebabkan karena keinginannya untuk mencuri, bukan keinginan untuk memiliki. Motivasi terbesarnya adalah menghilangkan ketegangan pada dirinya dan mencari rasa sensasi. Klepto dewasa biasanya sadar kalau dirinya adalah seorang klepto. Selain mencuri di toko, sebagian klepto biasanya mencuri baran-barang yang ia tertarik saja.

2 komentar:

  1. tambai mas makalah tentang klepto. untuk tugas

    By: padangilalang-kumara.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Tulisan yang menarik. Terima kasih sudah berbagi informasi. Jika ingin tahu lebih banyak lagi tentang ide lucu cerdas seputar klepto, silakan baca artikel Ciuman Geledek di blog saya. Salam kenal, sobat.

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

    BalasHapus

video membangun